MENULIS TEKS EKSPOSISI HASIL PENELITIAN SEDERHANA SEBAGAI BAHAN UNTUK MENYAMPAIKAN KRITIK SOSIAL

KELOMPOK 6

 ANGGOTA :

 Aliyah Putri Septiani 

 Dafinah Ghaisani 

 Eklesia Sitompul 

 Mikhaila Putri Salim 

 Rainhard Siregar 

 Remon Natanael Sembiring 

 Yabes Rafael Nababan 



Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, anekdot merupakan salah satu cara untuk menyampaikan kritik terkait fenomena sosial yang terjadi. Agar kritik yang disampaikan bertanggung jawab, kalian harus memiliki data atau informasi yang valid terkait fenomena yang diangkat ke dalam teks.


Kali ini, kalian akan diajak untuk melakukan penelitian sederhana menggunakan metode survey sebagai bahan sebelum melakukan kritik. Hasil penelitian yang kalian lakukan dapat dituangkan dalam sebuah teks eksposisi laporan. Teks eskposisi laporan adalah teks yang menyampaikan sebuah gagasan atau temuan berdasarkan hasil sebuah penelitian atau peristiwa yang terjadi. Perhatikan langkah-langkah berikut.


1.Tentukan topik fenomena sosial yang akan kalian gali lebih dalam. Pilihlah topik yang kalian temui dalam kehidupan sehari-hari, contohnya kebiasaan membaca di sekolah.


2.Tentukan siapa atau apa yang akan menjadi responden atau sumber data penelitian kalian. Kalian dapat memilih teman-teman, keluarga, atau orang lain di sekitar kalian sebagai responden sesuai dengan topik yang diangkat. Semakin banyak responden penelitian, semakin valid hasil penelitiannya.


3.Rumuskan hal-hal yang ingin kalian ketahui dari topik yang dipilih dalam bentuk pertanyaan. Contoh pertanyaan yang dapat dibuat adalah, berapa jam yang kalian habiskan untuk membaca buku dalam sepekan? Buku apa saja yang kalian baca? Hal apa saja yang jadi pertimbangan kalian dalam memilih buku bacaan?


4.Tentukan cara pengambilan data. Apakah survey akan dilakukan dengan menyebarkan angket isian atau berupa wawancara.


5.Kumpulkan data sesuai dengan cara pengambilan data yang telah dipilih.


6.Olah data yang telah didapat. Kalian dapat mengolah data dengan menggunakan persentase, misalnya berapa persen yang menjawab A, B, atau C.


7.Sajikan data kalian dalam bentuk teks eksposisi laporan. Teks disajikan dengan struktur sebagai berikut:


a. Pernyataan pendapat

Tuliskan pendapat kalian terhadap topik yang akan dibahas. Sampaikan pula pendapat kalian mengenai alasan pemilihan topik sehingga penting untuk dibahas.

b. Argumen/hasil penelitian

Sampaikan hasil penelitian kalian dengan jelas. Kalian juga dapat menampilkan tabel, tabel, grafik, atau diagram untuk menunjukkan data yang diperoleh.

c. Penegasan ulang/simpulan


Sampaikan simpulan atau penegasan pendapat kalian terhadap hasil yang sudah dibahas.


Gunakanlah format berikut untuk merancang penelitian sederhana kalian.


Topik : Kebiasaan penggunaan gadget.

Alasan memilih topik : Berdasarkan realita di sekitar.

Responden : Anak muda dan orang-orang di sekitar/teman.

Daftar pertanyaan : 

1.Berapa jam waktu yang kalian habiskan untuk menggunakan gadget dalam sehari?

2.Apa yang membuat kalian tertarik pada gadget?

3.Apa saja aplikasi atau apapun yang kalian mainkan di dalam gadget kalian?

4 Apa dampak yang kamu rasakan dari penggunaan gadget?

5.Apakah gadget lebih banyak membantu belajar atau hiburan?

Intrumen yang akan digunakan : wawancara

Hasil Penelitian :

1.Rata-rata waktu yang dihabiskan oleh responden untuk menggunakan gadget dalam sehari adalah sekitar 4-6 jam.

Terdapat variasi waktu penggunaan gadget, di mana beberapa responden menghabiskan waktu lebih sedikit dari 4 jam sementara yang lain menghabiskan waktu lebih dari 6 jam.

2.Aplikasi yang paling umum digunakan oleh responden adalah media sosial Twitter, Instagram, dan Facebook serta Tiktok.

Selain itu, aplikasi pesan seperti whatsapp dan Telegram juga sangat populer. Biasanya responden menggunakan gadget untuk bermain game, menonton video, membaca berita, atau streaming.

3.Faktor utama adalah kemudahan akses dan konektivitas dari gadget.

Responden mengatakan bahwa gadget memberikan hiburan melalui aplikasi dan game yang dimainkan. Gadget juga membantu dalam kehidupan sehari-hari, seperti komunikasi, akses informasi, dan produktivitas.

4.Dampak yang dirasakan dari penggunaan gadget cukup beragam. Sebagian besar siswa mengaku sering mengalami mata lelah, pusing atau sakit kepala akibat terlalu lama menatap layar. Selain itu, banyak juga yang merasakan gangguan tidur, karena kebiasaan menggunakan gadget hingga larut malam membuat waktu istirahat berkurang. Beberapa siswa pasti merasa konsentrasi belajar menurun karena lebih sering tergoda membuka media sosial atau bermain game. Namun, ada juga sebagian kecil siswa yang menyatakan tidak merasakan dampak berarti, karena mereka mampu mengatur waktu penggunaan gadget dengan baik.

5.Hasil penelitian menunjukkan bahwa gadget memang bermanfaat untuk membantu belajar, seperti mencari informasi, mengerjakan tugas, dan berkomunikasi dalam kegiatan sekolah. Namun, kenyataannya lebih banyak digunakan untuk hiburan, misalnya bermain game, menonton video, atau bersosial media. Jadi, meskipun gadget punya sisi positif dalam menunjang pendidikan, Penggunaan oleh siswa masih lebih dominan untuk kesenangan pribadi.


Simpulan :

Penggunaan gadget memiliki peran penting dalam kegiatan sehari-hari, baik sebagai alat komunikasi, hiburan, dan alat produktivitas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini